Menu Tutup

7 Keuntungan Kuliah di Luar Negeri

7 Keuntungan Kuliah di Luar Negeri

7 Keuntungan Kuliah di Luar Negeri, Kembangakan Diri dan Kemandirian

Ada banyak manfaat dan keuntungan kuliah di luar negeri. Tak sekadar belajar, kamu juga bisa mendapatkan pengalaman yang berharga selama menuntut ilmu di negeri orang.

Dengan belajar di luar negeri, kamu akan memiliki kesempatan untuk belajar bahasa asing dan mengenal budaya secara langsung. Tak heran, kuliah di luar negeri menjadi dambaan banyak orang.

Kesempatan untuk kamu menjalani kuliah di luar negeri juga cukup beragam. Selain secara mandiri, kamu juga bisa mengikuti pertukaran pelajar atau program beasiswa.

Bagi kamu yang masih ragu, simak apa saja keuntungan kuliah di luar negeri berikut dihimpun dari berbagai sumber.

1. Bisa sambil jalan-jalan

Keuntungan pertama kuliah di luar negeri adalah kamu bisa belajar sekaligus jalan-jalan. Kuliah di luar negeri merupakan kesempatan untuk melihat dunia yang lebih luas.

Kamu bisa meluangkan waktu untuk jalan-jalan ke museum dan landmark dunia. Kamu juga bisa mengamati berbagai kebiasaan dan budaya juga terlibat dalam kegiatan masyarakat setempat.

2. Asah kemampuan bahasa asing

Kuliah di luar negeri juga bisa memberikan kesempatan padamu untuk mengasah kemampuan bahasa asing. Pasalnya, tidak ada cara belajar yang lebih baik selain langsung mengalaminya.

Dengan bertemu teman dari berbagai negara lainnya, kamu juga bisa mempelajari bahasa dari mereka.

3. Tambah teman

Keuntungan kuliah di luar negeri lainnya adalah kesempatan untuk bertemu teman yang berasal dari berbagai latar belakang. Tentunya hal ini jarang terjadi apabila kamu tidak menempuh pendidikan di luar negeri.

Setelah program belajar berakhir, usahakan tetap berhubungan dengan teman-teman internasionalmu. Selain untuk menjaga persahabatan, hal ini juga bisa jadi networking yang baik di kemudian hari.

Baca juga: Lulusan Terbaik Universitas Malahayati

4. Menerapkan gaya belajar yang berbeda

Setiap negara memiliki pendidikan yang berbeda-beda, termasuk cara mengajarnya. Melansir Northeastern, kuliah di luar negeri juga dapat menjadi momen untukmu mengalami cara atau gaya belajar yang unik dan berbeda.

Adapun gaya mengajar yang mungkin kamu temui dari pengajar di luar negeri adalah:

  • Gaya otoritas yang berpusat pada pengajar yang kerap memberikan kuliah atau presentasi satu arah.
  • Gaya fasilitator yakni pangajar membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis dengan mengajari, mengajukan pertanyaan, dan solusi melalui ekplorasi.
  • Gaya delegator yang menugaskan kegiatan dan memberikan siswa proyek di kelas agar mereka terlibat dan pengajar berperan sebagai pengamat.

5. Peluang berkarier di luar negeri

Kuliah di luar negeri juga dapat memberikan kamu peluang karier yang diimpikan. Sering kali organisasi atau perusahaan mempekerjakan karyawan internasional untuk melihat bahwa ia dapat berkembang di lingkungan global.

Selain itu, kuliah di luar negeri juga dapat memberikan kamu kesempatan untuk menampilkan keterampilan dan pengalaman yang relevan di resume, seperti komunikasi lintas budaya dan pemahaman tentang kebijakan internasional.

6. Peluang kembangkan hobi

Berada di negeri lain juga menawarkan banyak aktivitas baru yang menarik dan mungkin tidak akan pernah kamu temukan di Indonesia. Contohnya seperti kelas film, menari, olahraga air, ski salju, dan lainnya.

Kamu bisa memanfaatkan waktu di luar negeri untuk menemukan berbagai kegiatan baru yang kamu gemari.

7. Pengembangan diri

Selain dapat meningkatkan kemandirian, tinggal sendiri di negeri lain juga dapat mengembangkan diri kamu. Kamu bisa belajar banyak hal selama tinggal di negeri lain.

Mulai dari belajar beradaptasi dengan berbagai situasi, belajar memecahkan masalah, dan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *