Menu Tutup

Universitas Tertua di Dunia

Universitas Tertua di Dunia

Universitas Tertua di Dunia

Tahukah kamu bahwa ada sejumlah universitas tertua di dunia ini? Karena sudah berdiri ratusan tahun silam, beberapa universitas ini juga berkembang menjadi kampus top dunia.

Meski menjadi universitas tertua di dunia, namun 7 kampus ini mampu mengikuti perkembangan zaman dan membuktikan kualitasnya selalu unggul dan semuanya masuk dalam salah satu peringkat Quacquarelli Symonds (QS).

Melansir dari laman topuniversities, Rabu (7/12/2022) ada 7 universitas tertua di dunia dan masuk menjadi kampus top. Universitas tertua di dunia ini sebagian besar berada di benua Eropa. Namun juga universitas di Afrika yang masuk dalam daftar Universitas tertua di dunia.

Kalau penasaran siapa saja universitas tertua di dunia ini, simak informasinya hingga tuntas ya.

1. Universitas Bologna

Universitas Bologna berada di Italia dan didirikan pada tahun 1088. Memiliki motto, The ‘Nourishing Mother of the Studies’, Universitas Bologna tidak pernah berhenti beroperasi hingga menyandang gelar universitas tertua di dunia.

Hingga zaman yang relatif modern, universitas ini hanya mengajarkan studi doktoral, tetapi saat ini memiliki beragam program di semua tingkatan.

Terletak di Bologna, Italia, kampus ini menerima pendaftaraan sekitar 87.760 siswa dan 6.400 di antaranya adalah siswa internasional.

Karena menjadi universitas tertua di dunia, ada banyak tokoh penting merupakan lulusan Universitas Bologna. Tiga Paus, banyak pengusaha dan beberapa politisi Italia.

2. Universitas Oxford

Universitas Oxford didirikan sekitar tahun 1095-1167. Kampus bergengsi ini punya banyak alumni, mencakup 28 Perdana Menteri Inggris, 20 Uskup Agung Canterbury, 12 santo, 27 pemenang Hadiah Nobel, 50 pemenang Hadiah Nobel, dan Sir Stephen Hawking.

Meskipun tanggal pendirian universitas yang tepat masih belum pasti, bukti pengajaran sudah ada sejak tahun 1096.

Saat ini kampus Oxford berada di peringkat kelima dunia dalam daftar universitas terbaik di dunia. Kampus ini melayani hampir 24.300 komunitas mahasiswa dan mengoperasikan pers universitas terbesar di dunia.

3. Universitas Salamanca

Universitas Salamanca didirikan pada 1134 dan di berikan Piagam Kerajaan pada 1218. Hal ini menjadikannya institusi tertua di Spanyol, setelah Universitas Palencia yang sekarang sudah tidak ada. Kampus ini terletak di sebelah barat Madrid. Universitas Salamanca adalah institusi tempat Christopher Columbus mengajukan kasus untuk mendapatkan dukungan kerajaan untuk ekspedisi Hindianya di akhir abad ke-15. University of Salamanca melayani sekitar 26.746 mahasiswa di sembilan kampusnya.

Baca juga: Jurusan ini sangat sepi peminat di Unair

4. Universitas Paris 

Kampus ini di dirikan antara tahun 1160 dan 1250 di ibukota Prancis. Universitas Paris, sering di kenal sebagai ‘la Sorbonne’, di kenal sebagai salah satu universitas pertama yang didirikan di Eropa, meskipun di hentikan operasinya antara tahun 1793 dan 1896, menyusul Revolusi Perancis. Saat ini, Universitas Paris tersebar di seluruh kota, telah di bagi menjadi 13 institusi otonom pada tahun 1970.

Saat ini, Universitas Paris tersebar di seluruh kota, telah di bagi menjadi 13 institusi otonom pada tahun 1970.

5. Universitas Cambridge

Kampus ini di dirikan pada tahun 1209 oleh sekelompok sarjana yang meninggalkan Universitas Oxford karena konflik Politik. Universitas Cambridge kini berada di peringkat ketujuh dunia. Seiring berjalanya waktu, kedua kampus ini berbagi banyak tradisi umum. Oxford dan Cambridge mempertahankan rasa persaingan yang sehat. Kedua kampus ini juga membuat acara Balap Perahu tahunan yang terkenal. Cambridge memiliki sekitar 23.247 siswa, 5.340 di antaranya berasal dari luar Uni Eropa.

6. Universitas Padua

Universitas Padua atau UNIPD di bangun pada 1222. Namun beberapa bukti menyebutkan kampus ini sudah berdiri sebelum tanggal tersebut. Universitas Padua menjadi salah satu dari sejumlah universitas abad pertengahan di Italia yang masih beroperasi. Universitas di Padova terkenal karena penelitian awal yang revolusioner di bidang astronomi, hukum, kedokteran, dan filsafat. Sekarang kampus ini bisa menampung sekitar 62.500 siswa di kota Padua yang merupakan latar dari drama terkenal William Shakespeare The Taming of the Shrew.

Pada tahun 1545, Universitas di Padova mendirikan Kebun Raya Padova, yang sekarang menjadi salah satu taman akademik tertua di dunia. Itu juga menjalankan sembilan museum.

7. Universitas Naples Federico II

Di bangun pada tahun 1224 oleh Frederick II, kaisar Kekaisaran Romawi Suci, Universitas Naple-Federico II terletak di Naples yang merupakan kota terbesar ketiga di italia dan salah satu kota tertua yang terus di huni di dunia.

Kampus ini mengajarkan berbagai program kepada komunitas mahasiswa sekitar 80.000. Di antara alumni sejarahnya yang paling terkenal adalah filsuf dan teolog Thomas Aquinas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *