Menu Tutup

UMY Komitmen Optimalkan Teknologi Untuk Dukung Kehidupan Berkelanjutan

UMY Komitmen Optimalkan Teknologi Untuk Dukung Kehidupan Berkelanjutan

UMY Komitmen Optimalkan Teknologi

Pemanfaatan teknologi dan ilmu pengetahuan demi terwujudnya Sustainable Development Goals (SDGs) memiliki peran yang krusial, terutama dalam menjawab berbagai tantangan.

Perlunya inisiasi penelitian yang bersifat kolaboratif pun di anggap penting untuk memperbesar peluang terciptanya masa depan yang tangguh dan berkelanjutan.
Di adakanya dua konferensi intenasional di Universitas Muhammadiyah Yogyakarata (UMY) menjadi salah satu bentuk tanggung jawab UMY dalam menjawab tantangan zaman.

UMY meluncurkan 8th International Conference on Sustainable Innovation (ICoSI)
dan 5 th UMY Graduate (UMY Grace), sebagai bentuk komitmen UMY dalam mengoptimalkan peran teknologi untuk mendukung kehidupan berkelanjutan.

ICoSI dan UMY Grace di kenal sebagai konferensi internasional lintas disiplin dari UMY
yang menggelar berbagai konferensi serentak di bidang ilmu alam, teknik, kesehatan,
ilmu sosial, hukum, dan ekonomi. Untuk tahun ini, ICoSI dan UMY Grace menggelar
masing-masing 16 dan 3 Focals, dimana ICoSI menyasar kepada pendidik dan peneliti dari seluruh dunia dan UMY Grace merupakan konferensi internasional bagi generasi muda di jenjang perguruan tinggi.

Rektor UMY, Prof. Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P., IPM., ASEAN Eng. memandang
bahwa tema dari ICoSI dan UMY Grace di tahun ini yaitu ” Optimizing Science and Technology for Future Sustainable Living” dan Transformation.

Dunia yang sudah mulai memasuki fase revolusi industri 5.0 mengedepankan kemanusiaan dalam berintegrasi dengan teknologi.

Fenomena ini pun terjadi di berbagai negara, di mana mereka membahas cara agar teknologi terutama artifical intelligence dapat bekerja berdampingan dengan manusia.
Inilah yang menajdi fokus utama dalam ICoSI dan UMY Grace di tahun ini.
Sekaligus menjadi kesempatan untuk berkontribusi dalam membangun kehidupan berkelanjutan dengan mengoptimalkan teknologi.

Baca jugaPenghargaan Perguruan Tinggi

Ia juga menyampaikan bahwa setelah resmi di luncurkan, ICoSI dan UMY Grace akan mengakumulasi dari peneliti.

Apresiasi di sampaikan Gunawan atas kembali terselenggaranya dua konferensi internasional pertama yang memberikan kesempatan khusus untuk mahasiswa agar dapat terlibat dalam perkembangan teknologi di era industri melalui konferensi ilmiah.

Ketua. Yessi Jusman., S.T., M.Sc.

Selaku Ketua menggarisbawahi urgensi dari tema yang di usung sebagai komitmen
UMY untuk memafaatkan peluang yang tercipta atas tiga unsur penting yaitu pengetahuan, inovasi dan kolaborasi. Ia menyampaikan bahwa konferensi internasional
di UMY berposisi sebagai platfrom global yang melampaui batasan-batasan disiplin ilmu dengan mencakup banyak bidang ilmu pengetahuan.

“Bidanga ilmu yang beragam ini memungkinkan kami untuk mengeksplor berbagai solusi yang bersifat holistik, dan menciptakan pemahaman secara komprehensif atas interkoneksi yang kompleks antara ilmu pengetahuan, teknologi dan kehidupan yang berkelanjutan.

Untuk para pendidik dan peneliti, saya mengundang untuk turut berpartisipasi secara aktif dalam ICoSI tahun ini dengan mengirim artikel ilmiah anda,” imbuh Yessi.

Dalam proses publikasinya, ICoSI telah bekerja sama dengan penerbit yang terdaftar di scopus selaku pusat data jurnal di dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *