Please register to apply for this job.
4 Feb 2016

Berita 7 Tips Ampuh Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja

agus kurniawan Anywhere

Job Description

Apakah Kamu bakal menghadapi sesi interview kerja dalam waktu dekat? Atau Kamu sedang mau mencoba pindah ke pekerjaaan lain? Nah, interview merupakan sektor yg amat sangat menentukan di terima atau tidaknya Kamu pada sebuah tugas. Kamu mau berhasil menghadapinya? Selamat membaca : )

Dalam wawancara kerja, ada sekian banyak pertanyaan umum yang biasa ditanyakan pada calon pekerja untuk mengisi posisi yang di harapkan. Dengan mengetahui jawaban paling baik dari tiap-tiap pertanyaan di sesi interview ini, rasa tertekan Kamu ketika wawancara bakal menyusut & Kamu bakal lebih berpeluang di terima di posisi yg Kamu inginkan : )

Sebab rasa tertekan terhadap disaat interview dapat menyebabkan jawaban Kamu kacau, lebih baik Kamu mempersiapkan dulu jawaban dari pertanyaan yg seringkali muncul terhadap sesi ini. Berikut ini yaitu sekian banyak pertanyaan yang nyaris selalu muncul. Selamat mempersiapkan jawabannya ya.

Pertanyaan 1 : Ceritakan mengenai diri Kamu
selama ini, kalimat ini adalah pertanyaan yang paling sering muncul dalam sesi interview di lokasi kerja. Dapat dikatakan, pertanyaan ini membuat nyaris seluruhnya orang merasa grogi lantaran mesti menceritakan dia sendiri. Macam Mana kiat menaklukannya? Jawaban paling baik dari pertanyaan ini yaitu dengan memberikan deskripsi singkat mengenai diri Kamu & sedikit ceritakan pengalaman kerja ataupun latar belakang pendidikan Kamu. Ingat, singkat saja.

Lebih keren lagi jikalau Kamu dapat mempersiapkan jawaban paling baik buat pertanyaan ini sebelum Kamu memang lah berada dalam sesi interview. Kamu bakal jauh merasa lebih yakin diri dalam menjawabnya. Ga yakin? Buktikan ya : )

Pertanyaan ke-2 : Jelaskan kenapa perusahaan mesti merekrut Kamu?
Poin utama kenapa interviewer menanyakan faktor ini terhadap Kamu adalah karena mereka mau melihat seberapa sesuai diri Kamu buat posisi yg mereka tawarkan. Trik paling gampang buat memberikan jawaban paling baik dari pertanyaan ini yakni dengan menciptakan diferensiasi diri Kamu dengan para pelamar yg lain. Sebutkan keunikan diri Kamu yg serasi dengan posisi yg dibutuhkan perusahaan. Pastinya mesti jujur & tak mengada-ngada ya 😀

Umpamanya kalau saat ini Kamu melamar di sektor marketing, sebutkan keunikan Kamu yg pandai mempengaruhi orang lain. Ini dapat jadi poin tersendiri bagi Kamu di mata HRD. Biarpun barangkali Kamu mempunyai sekian banyak kelebihan lain, Kamu cuma butuh menyebut keahlian Kamu yg berkenaan dengan tugas yg sedang Kamu lamar. Jangan Sampai menyampaikan Kamu pandai & cek dalam keuangan kalau Kamu melaamar yang merupakan public relations & tidak perlu mengemukakan Kamu pintar presentasi jikalau posisi yg mau Kamu lamar ialah akuntan.

Pertanyaan ketiga : Kenapa Kamu resign dari tempat kerja sebelumnya?
Nah, pertanyaan ini bukan cuma tidak jarang muncul, tapi dirinya pula jadi trick bagi perusahaan utk mengetahui niat Kamu sebenarnya dalam melamar tugas baru.

Hati-hati, tidak sedikit orang terjebak dalam pertanyaan ini. Mereka sangat sering menyampaikan resign dikarenakan pendapatan yg terlampaui kecil atau bosan dengan rutinitas.

Hmmm… cobalah posisikan diri Kamu jadi pihak perusahaan yg sedang mewawancarai Kamu. bila Kamu mengemukakan resign dari tugas lama lantaran upah yg kecil, perusahaan dapat menyimpulkan bahwa Kamu dapat sewaktu-waktu meninggalkan tugas buat mencari pendapatan yg lebih besar. atau kala Kamu mengemukakan bosan dgn rutinitas di tugas yang lama, perusahaan dapat meragukan Kamu sebab. Bagaimanapun serta tiap-tiap tugas bakal jadi rutinitas seiring berjalannya waktu.

Mencoba lebih cerdik dalam menjawab pertanyaan ini. Kuncinya, jangan sampai beri jawaban berdasarkan keadaan perusahaan lama Kamu tetapi beri jawaban berdasarkan apa yg menciptakan Kamu tertarik bekerja di perusahaan baru. Dapat dikatakan, ini bakal ‘menyelamatkan’ anda : )

Pertanyaan Keempat : Apa kekurangan & kelebihan Kamu?
Tahukah Kamu bahwa ini adalah pertanyaan yg paling susah dijawab? orang-orang bakal merasa kesusahan & serba salah saat menghadapi pertanyaan semacam ini. Kenapa serba salah? Saat kita menyampaikan kekurangan, kita khawatir bahwa nilai kita bakal jadi minus di mata perusahaan. dapat tapi bila kita mengemukakan kelebihan, kita pun khawatir seandainya dinilai terlampaui yakin diri maupun angkuh.

Duh sulit yaaa : (

Lalu bagaimanakah trik menyikapinya? Triknya yaitu sebutkan kelebihan Kamu dalam wujud kekurangan. Umpamanya seperti ini

“Saya mempunyai kelemahan yakni kadang terlalu ambisius dalam mencapai sebuah target”
“Saya memiliki kelemahan yaitu demikian patuh aturan & sesuai diwaktu maka terkadang sahabat kerja mesti menyesuaikan dengan deadline yang saya buat”
“Saya memiliki kelemahan diantaranya ialah tidak jarang lupa ketika kalau telah presentasi atau mengemukakan keunggulan satu buah produk”

Nah, dengan cara seperti ini, sesungguhnya Kamu sedang mengatakan kelebihan diri Kamu tetapi secara yang berbeda. Menarik kan? Selamat mencoba! : )

Pertanyaan Kelima : Tolong sampaikan mengenai pengalaman Kamu memecahkan satu buah persoalan
Maksud dari pertanyaan ini bagi perusahaan yaitu buat menonton seberapa baik Kamu dalam menangani sebuah masalah. Aspek ini bakal jadi poin utama penilaian lantaran terkait keterampilan Kamu kala berada dalam tekanan kerja. Utk pertanyaan kali ini, Kamu butuh mengingat kembali prestasi/pencapaian yg sempat Kamu temukan di ruangan kerja pada awal mulanya atau pengalaman pribadi dalam hidup Kamu yg berkenaan bersama karier. Mengajukan setidaknya 2 narasi yg menarik.

Pertanyaan keenam : Apa yg Kamu pikirkan berkenaan diri Kamu 5 th akan datang?
Pertanyaan ini jadi kunci bagi perusahaan utk mengetahui apakah Kamu seseorang yang visioner/memiliki ambisi besar atau tidak. Dapat dijamin mereka yg mempunyai mimpi besar dalam hidup bakal menjawab pertanyaan ini dengan gampang & antusias. Tapi, perusahaan serta mampu melihat bahwa calon pekerjanya adalah orang yg tak mempunyai visi ketika dia merasa bingung dalam menjawab pertanyaan ini.

diluar itu, pertanyaan ini pula buat menguji apa yang sebenarnya andaa inginkan dalam hidup atau apa yg jadi passion paling besar dalam hidup Kamu.

Jawablah pertanyaan ini bersama jujur & antusias. Ini adalah kuncinya. Pikirkan jauh-jauh hari sebelum saat wawancara untuk mematangkan jawaban Kamu.

Pertanyaan Ketujuh : Berapa penghasilan yg Kamu harapkan dari perusahaan?
Ini merupakan pertanyaan yg menciptakan sebahagian calon pekerja merasa kikuk. Akan ettapi jangan sampai khawatir, kami punyai cara untuk mengatasinya : )

Bagi Kamu yg belum mempunyai banyak pengalaman dalam interview, katakan bahwa Kamu tak mempunyai gambaran kepada standar perusahaan. tetapi, tetaplah memberi batas minimal bayaran yg Kamu inginkan.

Cobalah untuk tak menyebut jumlah spesifik bayaran yg Kamu inginkan tetapi katakanlah dalam wujud kisaran. Seperti antara 5- 10 juta, bukan jumlah spesifik seperti 7,5 juta contohnya.

Demikian penjelasan tentang “7 Tips Ampuh Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja” Semoga bermanfaat.

Pencarian Yang Berhubungan:

Job Categories: Tips. Job Types: Berita. Job Tags: tips and wawancara.

Job expires in Endless.

Apply for this Job

error: Content is protected !!